• +62 (274) 563046
  • headoffice@pagilaran.co.id
  • g_larcommerce@pagilaran.co.id

Mewujudkan Teaching Industry bersama UGM

Thumb

05 Aug 2020

Sebagai perusahaan yang saat ini merupakan bagian dari Universitas Gadjah Mada, PT Pagilaran berupaya untuk selalu bersinergi dengan visi dan misi yang dijalankan oleh UGM. Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh UGM adalah pencanangan PT Pagilaran sebagai UGM Teaching Industry dengan pembangunan pabrik coklat di Segayung Utara, Batang. Pabrik ini akan diberi nama Pusat Pengembangan Kompetensi Agribisnis Kakao Terpadu.

 Pencanangan pembuatan pabrik coklat dilakukan oleh rektor UGM Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc ditandai dengan penandatanganan prasasti pada Sabtu (6/5/2017) disaksikan para wakil rektor, dekan, wakil dekan agrokomplek dan jajaran manajemen PT Pagilaran. Rektor menyampaikan bahwa PT Pagilaran milik UGM dengan pabrik dan kebun teh maupun kakao ini merupakan bentuk UGM Teaching Industry dengan spirit socioentrepreneur

 Pembangunan pabrik coklat berada di areal seluas 2,8 hektar dengan bangunan fisik seluas 4000 meter persegi dan berada di tengah perkebunan seluas 165 hektar. Pembangunan ini direncanakan menghabisakan dana 105 milyar rupiah dan diharapkan pada tahun 2018 sudah berproduksi.

 Direktur Utama PT. Pagilaran Dr.Ir. Rachmad Gunadi, M.Si menyampaikan bahwa keinginan membuat pabrik kakao sudah direncanakan sejak lama. Dengan prinsip socioentrepreneunership PT. pagilaran bersama-sama ingin menyejahterakan petani kakao dan dipastikan produksi di bagian hulu mendapat jaminan pasar, karena dalam bisnis pertanian atau perkebunan yang menentukan harga bukanlah produsennya tetapi pasar.

 Pembangunan pabrik kakao ini direncanakan berproduksi 8.000 ton setahun, sehingga selain dari kebun sendiri dan petani sekitar yang hanya berproduksi 165 ton per tahun, dibutuhkan suplai dari berbagai daerah penghasil kakao di Indonesia bahkan tidak menutup kemungkinan impor.

 Tahap pertama pembangunan pabrik kakao di tahun 2018 diharapkan sudah rampung yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung berupa agrowisata untuk pemberdayaan UKM dalam bentuk shelter usaha. Selain itu juga dapat mendukung kegiatan pengembangan, penelitian serta Teaching Industry antara UGM dengan PT. Pagilaran. (msn).



Partnership

PT Pagilaran bekerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, seperti pemerintah, lembaga pendidikan guna mengembangkan tujuan bersama.