UNIT PRODUKSI

Unit Produksi Sidoharjo

Unit Produksi Sidoharjo merupakan salah satu unit pengolahan teh PT Pagilaran.  Unit Produksi Sidoharjo mengolah pucuk teh rakyat dengan pola kemitraan (plasma) melalui Proyek PIR Lokal Teh Jawa Tengah yang telah diinisiasi pada tahun 1985. Proyek PIR Lokal Teh Jawa Tengah merupakan hasil kerjasama Tripartit antara Departemen Pertanian, Petani wilayah Batang dan PT Pagilaran.
Pada tahun 2012 Unit Produksi Sidoharjo telah mendapatkan sertifikat SEDEX (Supplier Ethical Data Exchange) yang merupakan standar tatakelola bisnis yang bertanggungjawab. Selain itu pada tahun yang sama Unit Produksi Sidoharjo telah mendapatkan sertifikat Lestari. Sertifikasi ini merupakan sertifikasi nasional yang konsen pada penerapan sistem pertanian berkelanjuatan.

Desa Bakalan, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Jenis tanah di dominasi tanah andosol (Vulkanis tua) yang memiliki sifat mengikat air tinggi, gembur, berstruktur remah, halus dan mudah diolah sehingga sangat cocock untuk tanaman teh.
Karena berada di derah dataran tinggi, UP Pagilaran memiliki curah hujan sangat tinggi yaitu berkisar 3500- 6000 mm/th dengan jumlah hari hujan 280-300 hari dan hari kering 30-60 hari.

  • Teh Hitam