UNIT PRODUKSI

Unit Produksi Pagilaran

Unit Produksi Pagilaran merupakan kebun inti PT Pagilaran dengan luas lebih dari 1.200 hektar dan terbagi menjadi 3 Afdeling, yaitu Afdeling Pagilaran, Afdeling Kayulandak, dan Afdeling Andongsili. Unit Produksi Pagilaran menghasilkan lebih dari 50 ton pucuk/hari.

Dukuh Pagilaran, Desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang,  JawaTengah

Lokasi Unit Produksi Pagilaran yaitu terletak di sebelah selatan kota Batang dan sebelah tenggara Kota Pekalongan atau sekitar 50 km dari kota Pekalongan, 20 km dari kota Batang, dan 113 km dari kota Semarang. Wilayah yang membatasi Unit Produksi Pagilaran adalah:

  • Utara : Desa Kalisari dan Desa Mbesani Kecamatan Blado
  • Selatan: Gunung Kemulan
  • Barat: Desa Kembang Langit dan Desa Kali Tengah Kecamatan Blado
  • Timur: Desa Ngadirejo dan Desa Pacet Kecamatan Reban

Topografi Unit Produksi Pagilaran berupa lereng gunung Kemulan pada ketinggian 800-1600 mdpl. Sebagian besar terletak di daerah perbukitan dengan struktur lekuk dan miring. Jenis tanah di dominasi tanah andosol (Vulkanis tua) yang memiliki sifat mengikat air tinggi, gembur, berstruktur remah, halus dan mudah diolah sehingga sangat cocok untuk tanaman teh. Karena berada di daerah dataran tinggi, Unit Produksi Pagilaran memiliki curah hujan sangat tinggi yaitu berkisar 3500- 6000 mm/tahun, dengan jumlah hari hujan 280-300 hari dan hari kering 30-60 hari.

 

  • Teh Hitam dan Teh Hijau