05 Juli 2017 By admin asrori

PT Pagilaran Komitmen Sertifikasi Rainforest Alliance

PT Pagilaran Komitmen Sertifikasi Rainforest Alliance

KAJEN – Dalam rangka mempersiapkan diri menuju pasar bebas dunia sekaligus memberikan kepastian jaminan kualitas teh yang dijual kepada konsumen, PT Pagilaran komitmen melakukan sertifikasi rainforest alliance (RA).

Direktur Utama PT Pagilaran Rachmad Gunadi mengatakan, banyak keuntungan yang didapat dari RA, salah satunya yakni, meningkatkan mutu, meningkatkan hasil panen, meningkatkan taraf hidup petani anggota dan daerah di sekitarnya, menjamin ketersediaan pasokan dan mengembangkan teh bersertifikat siap ekspor serta dapat bersaing di dunia yang ramah lingkungan.

”Sertifikasi RA ini menjadi unik spesifik atau spesial karena yang akan diaudit adalah sebuah bentukan kerja sama dari kedua belah pihak unsur berbeda, yakni pabriknya dimiliki perusahaan swasta atau PT Pagilaran, sedangkan kebun milik petani,” katanya.

Diterima Masyarakat

Komitmen untuk sertifikasi RA ini, kata dia, juga berkat dorongan atau permintaan Unilever yang menginginkan adanya kepastian jaminan produk serta keinginan bersama untuk memberikan terbaik. ”Teh kita memang bisa diterima oleh masyarakat dan kualitasnya juga bagus.

Tapi alangkah lebih bagusnya lagi jika bisa go internasional,” terangnya. Dijelaskan, beberapa poin yang akan dinilai dari sertifikasi ini adalah, tidak hanya dari sisi pabrik saja, tapi juga kebun seperti penggunaan pestisida, keamanan para pekerja, fasilitas dan sosial.

”Melihat beberapa aspek penilaian yang sangat komprehensif ini, makanya butuh dukungan semua pihak sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Mudah-mudahan pada bulan November 2015 mendatang kita bisa memperoleh predikat terbaik. Jika sertifikasi RA bisa diraih, maka kita menjadi satu-satunya pihak yang meraih RA terlebih dahulu di Asia,” ucapnya.

Ketua Aptehindo Provinsi Jawa Tengah Sugiarto menyatakan, bersama para petani teh lain di Jawa Tengah dia siap membantu menyongsong sertifikasi RA. ”Beberapa hal yang telah kami lakukan diantaranya yakni, meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan. Mudahmudahan apa yang diharapkan bersama bisa terwujud,” tandasnya. (H79-60)